Select Page

MENGENAL GEOCELL DALAM DUNIA KONSTRUKSI

Teknik perkuatan tanah telah dipergunakan manusia selama berabad-abad lamanya dimana orang – orang menggunakan tanah liat yang ditopang bambu, jalan di atas tanah lunak, dan lain sebagainya pada awal mulanya. Di masa lalu, konsep perkuatan bumi selalu berkaitan dengan penggunaan logam, kemudian empat dekade terakhir mulai berkembang menggunakan strip logam, kain polimer serta grid (Contoh : geotextile) yang telah banyak digunakan di seluruh dunia untuk perbaikan pondasi, jalan dan dinding konstruksi. Vidal (1969) merupakan tokoh pionir yang telah menumbuhkan minat banyak orang terkait dengan bidang ini.

Seiring berjalannya waktu, telah banyak pula bemunculan inovasi lainnya dalam perbaikan tanah. Beberapa di antaranya menggunakan bahan dasar serat polimer. Salah satu inovasi perbaikan tanah menggunakan serat polimer tersebut yaitu Geocell.

Geocell memiliki bentuk tiga dimensi dengan material dasar lembaran polietilen kepadatan tinggi atau berlubang, masing – masing sel saling dihubungkan menggunakan las yang kemudian diisi dengan agregat atau tanah. Bentuk visualnya sendiri sering disebut honeycomb (sarang lebah) dengan ukuran tinggi bentang paling sering ditemui di lapangan yaitu 100 – 200 cm.

 

 

 

 

Fungsi yang dimiliki geocell ini antara lain digunakan untuk retensi tanah, pengendalian erosi, perlindungan saluran dan stabilisasi tanah.
Selain itu geocell sendiri dapat digunakan untuk perkuatan di dasar tanggul dimana memiliki kelebihan yaitu :
Meminimalkan waktu pengerjaan, Mengurangi biaya pekerjaan tanah seperti galian dan timbunan.

Dapat menjadi alternatif tindak preventif untuk kegagalan daya dukung tanah, meningkatkan daya dukung tanah, serta meminimalisir settlement (penurunan) yang ekstrim dan mengurangi deformasi lateral di atas tanggul yang lemah, Memberikan stabilitas global jangka panjang dan pendek pada tanggul.

Sumber :

Madhavi Latha, dkk. 2006.  INTERNATIONAL JOURNAL OF GEOMECHANICS : Experimental and Theoretical Investigations on Geocell-Supported Embankments. India

Kumar Dash, S. 2012. INTERNATIONAL JOURNAL OF GEOMECHANICS : Effect of Geocell Type on Load-Carrying Mechanisms of Geocell-Reinforced Sand Foundations. India