Pilih Laman

Jalan adalah hal terpenting yang harus ada untuk menghubungkan wilayah satu ke wilayah lain. Ibarat sebuah kunci utama dalam menjalankan kegiatan transportasi . Bayangkan jika tidak ada jalan pastinya kita tidak dapat pergi kemana-mana.

Jalan yang telah lama dibangun sudah tentu bakal berlubang dan teksturnya tidak rata. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu bagi si pengguna jalan. Upaya untuk memperbaikinya dengan menambal terkadang sering tidak membuahkan hasil. Setiap ditambal pasti akan berlubang lagi.

Kondisi jalan yang berlubang, tatkala sering kali membuat pengendara terlebih roda dua sering terjatuh akibat lubang tersebut. Sungguh bahaya sekali ya. Makanya gunakan Geomembrane untuk melapisi konstruksi jalanan yang rawan rusak agar tetap aman.

Apa itu Geomembrane?

Anda pasti bertanya-tanya sebenarnya apa sih Geomembrane itu? Jadi sebelum kita gali lebih dalam tentang pelapis tersebut, ada baiknya kita mengenal terkait pengenalannya. Fakta menarik tentang Geomembrane menurut wikipedia adalah material pelapis yang mempunyai permeabilitas sangat rendah sehingga dapat mengontrol cairan (atau gas) migrasi dalam proyek, struktur, atau sistem buatan manusia. Geomembran dibuat dari lembaran polimer kontinu yang relatif tipis, tetapi juga dapat dibuat dari impregnasi geotekstil dengan aspal, semprotan elastomer atau polimer, atau sebagai geokomposit aspal berlapis-lapis.

Jenis plastik ini dipilih karena memiliki tekstur yang begitu elastis sehingga sulit untuk pecah ataupun robek. Kualitasnya sangat terjamin dan bagus untuk jika digunakan sebagai salah satu bahan Geomembrane.

Apa fungsi Geomembrane?

Pada dasarnya Geomembrane tidak memiliki suatu fungsi khusus karena sifatnya yang serbaguna namun orang paling sering memakainya dalam proses penambakan. Tak hanya itu para tukang perbaikan jalan juga kerap menggunakannya sebagai lapisan separator. 

Sifat bahannya yang kedap air sehingga Geomembrane dapat mencegah adanya perubahan kadar air dalam tanah dasar ekspansif. Oleh karena itu, dapat mengontrol besar volume air tanah yang masuk ataupun yang keluar.

Melihat sifat tersebut, maka Geomembrane sering digunakan pada proyek pembangunan jalan raya. Sehingga jalanan yang tadinya berlubang dan teksturnya tidak rata jika dibuat menggunakan Geomembrane akan tahan lama dan tidak akan mudah rusak kembali meskipun digunakan dalam waktu yang panjang.

Lantas bagaimana cara mengaplikasikannya ke jalan? Nah biasanya Geomembrane digunakan sebagai bahan pelapis jalanan saja. Mula mulanya jalan dirapikan kemudian barulah Geomembrane di bentang menutupi jalan sebelum dicor dan di timbun aspal.

Ukuran Geomembrane berapa?

Geomembrane memiliki beberapa jenis dengan merk dan ukuran yang berbeda-beda pula. Berikut penjelasannya:

1. HDPE Geomembrane

Jenis Geomembrane yang pertama adalah HDPE yaitu kepanjangan dari High Density Polyethylene yang memiliki 7 ukuran diantaranya Geomembrane dengan ketebalan sekitar 0,5mm; 0,75mm; 1,0mm; 1,5mm; 2,0mm; hingga ketebalan 2,5mm.

2. Geomembrane PVC

Selanjutnya adalah jenis PVC merupakan jenis bahan kedap air serta mampu menahan jahatnya sinar ultraviolet. Selain itu ia juga tahan terhadap chemical sehingga sangat bagus digunakan oleh pabrikan sebagai lapisan kolam pembuangan limbah pabrik. Ukurannya 5,8m x 1m dengan ketebalan 500 micron.

3. LLDPE Geomembrane

Jenis selanjutnya adalah LLDPE yang dibuat dengan tekanan dan suhu yang rendah melalui proses  Kopolimerisasi Etilena. Bentuknya cenderung lebih fleksibel hanya saja lapisan ini agak sedikit lebih tipis jika dibanding jenis lainnya. Ukuran panjang 2m x 3m dengan tebal 500 micron.

4. EVA Geomembrane

EVA singkatan dari Ethyl Vinyl Acetate adalah merupakan Geomembrane dengan kualitas terbaik daripada jenis lain yang dijual di pasaran. Selain fleksibel ia juga mampu menahan suhu baik tinggi maupun rendah sekalipun. Hanya saja bahan ini sedikit berbau karena menggunakan bahan kopolimer etilen dan juga vinil asetat.

Nah, agar jalanan tidak berlubang lagi, gunakan Geomembrane sebagai solusi terbaik untuk mengatasinya. Dijamin tidak bakal menjumpai lubang pada jalan lagi.

PT. Kencana Tiara Gemilang adalah perusahaan manufaktur plastik di Indonesia yang menghasilkan produk berstandar Internasional melalui Quality Management System ISO 9001:2015. KTG Indonesia memproduksi berbagai produk di bidang Geosynthetic dan Agriculture, diantaranya Geomembrane. Segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi mengenai kebutuhan Anda.