Pilih Laman

Mulsa Plastik

Mulsa plastik adalah lembaran plastik yang digunakan di industri agriculture dengan bertujuan untuk membantu perkembangan tanaman yang ada.

Jenis Mulsa Plastik

Salah satu hasil produksi KTG yang diperuntukkan untuk membantu petani dalam mengolah lahannya adalah mulsa plastik. Dengan brand Mulsa TOPI GUNUNG, KTG berinovasi berupa pemberian penanda jarak pada semua jenis mulsa produksinya agar memudahkan petani dalam proses pelubangan sehingga lebih hemat waktu, tenaga dan biaya. Hal ini dikarenakan harga mulsa plastik dari KTG sangat terjangkau. Selain itu, Mulsa KTG merupakan produk unggulan dengan kualitas terbaik yang kami berikan pada pelanggan.

produk-epond

Mulsa Hitam Perak TOPI GUNUNG

Mulsa Hitam perak TOPI GUNUNG adalah mulsa dengan lapisan perak diatas dan hitam dibawah yang digunakan pada lahan pertanian untuk menghindari pertumbuhan gulma dan memaksimalkan pertumbuhan tanaman. Mulsa Hitam perak TOPI GUNUNG memiliki kelebihan berupa warna perak yang awet, kuat dan tahan hingga 2-3 musim tanam. Plastik mulsa perak akan mengurangi hama kutu daun, thrips, tungau yang pada gilirannya secara tidak langsung mengurangi risiko terkena virus. Selain itu juga dapat mencegah hilangnya pupuk karena hujan dan penguapan. Inovasi penanda jarak pada setiap Mulsa Hitam Perak TOPI GUNUNG membuat petani hemat waktu, biaya dan tenaga pada saat proses pelubangan.

produk-epond

Contoh Aplikasi

Spesifikasi

Mulsa Plus Lubang Tanam / Plong TOPI GUNUNG

Mulsa plong adalah salah satu Inovasi KTG untuk memudahkan petani berupa mulsa yang sudah berlubang. Dengan menggunakan mesin pelubangan khusus, KTG dapat menciptakan lubang pada mulsa yang rapi dan memiliki jarak yang presisi antar tiap lubangnya sehingga tidak perlu melubangi mulsa mulsa secara manual di lahan. Tersedia dalam berbagai ukuran dan jumlah lubang untuk berbagai jenis tanaman pada lahan pertanian Anda.

produk-epond

Contoh Aplikasi

Spesifikasi

Mulsa Super Kilap TOPI GUNUNG

Mulsa Super Kilap TOPI GUNUNG merupakan mulsa hitam perak dengan lapisan grenjeng pada atasnya. Disambung dengan alat khusus milik KTG, membuat lapisan grenjeng lebih awet dan tidak mudah lepas. Mulsa Super Kilap TOPI GUNUNG dapat memantulkan cahaya matahari lebih banyak sehingga cocok digunakan untuk mengusir hama pada daun tanaman.

produk-epond

Contoh Aplikasi

Spesifikasi

Mulsa Natural UV Sungkup TOPI GUNUNG

Mulsa Natural UV Sungkup TOPI GUNUNG merupakan plastik transparan yang digunakan untuk melindungi tanaman di lahan dari sinar matahari berlebih dan hujan lebat. Dengan menggunakan Mulsa Natural UV Sungkup TOPI GUNUNG, bunga yang menjadi bakal buah akan terlindungi dari kerontokan pada saat hujan lebat dan juga melindungi tanaman dari kekeringan akibat Ultraviolet pada sinar matahari yang berlebih.

produk-mulsa

Contoh Aplikasi

Spesifikasi

Selang Irigasi TOPI GUNUNG

Selang Irigasi merupakan alat pertanian yang membantu proses pengairan pada lahan agar lebih efektif dan efisien. Menggunakan Selang Irigasi TOPI GUNUNG pada lahan, akan menghemat waktu dan tenaga pada proses penyiraman dan menghindari penggunaan air yang berlebihan. Menggunakan HDPE ketebalan 100 micron, membuat selang Irigasi TOPI GUNUNG lebih tahan lama dan tidak mudah robek atupun putus.

produk-epond

Contoh Aplikasi

Spesifikasi

Embung Mini

Embung Mini merupakan produk KTG yang digunakan untuk tempat Penampungan air. Embung Mini bermanfaat menjadi sumber air untuk irigasi pada lahan pada saat musim kemarau. Selain itu, Embung Mini dapat digukana untuk penampung air konsumsi ataupun kolam ikan. Menggunakan Geomebrane 300 dan 500 Micron, membuat Embung Mini memiliki kekuatan dan daya tahan yang lama.

produk-epond

Contoh Aplikasi

Spesifikasi

Keuntungan Memakai Mulsa Plastik

Mulsa plastik mempunyai banyak keuntungan dalam industri pertanian. Beberapa keuntungan yang ada termasuk diantaranya:

  1. Melindungi permukaan tanah dari erosi air.
  2. Menjaga struktur tanah.
  3. Mengamankan kelembapan tanah.
  4. Menghambat pertumbuhan gulma.
  5. Memperbanyak sinar matahari yang diserap.
  6. Mengurangi penguapan pupuk.
  7. Mengurangi aliran air yang berada di permukaan.
  8. Mengurangi penguapan air dan transpirasi dari tanaman.

Kegunaan Plastik Mulsa

Kegunaan mulsa plastik adalah untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban dan struktur tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma. Mulsa plastik termasuk jenis mulsa anorganik karena terbuat dari bahan polietilena berdensitas rendah yang dihasilkan melalui poses polimerisasi etilen di bawah tekanan tinggi. Beberapa warna mulsa plastik antara lain bening, putih, perak, hitam, hitam perak, merah, dan biru. Warna mulsa akan menentukan energi radiasi matahari yang diterima dan berdampak pada suhu lapisan olah tanah. Selain itu, cahaya yang dipantulkan permukaan mulsa juga berpengaruh kepada kondisi lingkungan sekitar tanaman. Mulsa plastik bisa tahan hingga satu tahun. Panjang mulsa plastik per satu roll nya kurang lebih mencapai 500 m dengan lebar 120 cm dan memiliki ketebalan yang bervariasai sekitar 0.010 – 0.035 mm bergantung pada jenisnya. Harga mulsa plastik sendiri sangat bervariasi, silahkan menghubungi kami untuk penawaran menarik.

Ciri – Ciri Mulsa Plastik yang Baik

Ciri mulsa plastik yang baik adalah mulsa plastik hitam pekat. Warna hitam pekat pada mulsa menjadikan sinar matahari tidak tembus ke permukaan tanah, sehingga gulma tidak dapat tumbuh. Produk rekomendasi kami adalah Mulsa Hitam Perak Topi Gunung. Warna perak yang awet, kuat dan tahan hingga 2-3 musim tanam dapat memantulkan sinar matahari sehingga mencegah timbulnya hama dan tekstur tanah tetap gembur.

Cara Menghitung Kebutuhan Mulsa

  • Hitung luas lahan yang dimiliki
    Contoh luas lahan 50 m x 20 m
  • Tentukan lebar bedengan dan lebar got, lalu hitung jumlah bedengan
    Lebar bedengan 1 m dan lebar got 0.5 m, maka jumlah bedengan
    20 m : 150 cm
    2000 cm : 150 cm
    13.33 bedengan, lalu dibulatkan menjadi 14 bedengan
  • Selanjutnya kebutuhan mulsa bisa dihitung
    Jumlah bedengan x panjang bedengan
    14 x 20 m
    280 m
  • Jika 1 roll mulsa plastik adalah 500 m, maka kira – kira cukup membeli setengah roll mulsa plastik saja.

    Cara Memasang Mulsa

    • Pemasangan mulsa plastik dilakukan pada siang hari saat cuaca cerah
    • Mulsa diregangkan secukupnya sehingga masih bisa dipakai untuk 2 – 3 tanaman
    • Potong mulsa plastik sesuai panjang bedengan
    • Lakukan penjepitan pada bagian ujung dan tepo mulsa plastik dengan bambu agar tidak mudah lepas saat angin kencang
    • Melubangi mulsa plastik dengan alat pelubang mulsa. Lubang disesuaikan dengan jarak tanam yang diinginkan.

    Diskusikan kebutuhan plastik mulsa Anda bersama kami. Untuk mengetahui harga plastik mulsa per meter maupun harga plastik mulsa per roll, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia. 

    Unduh katalog Mulsa Plastik di bawah ini