Pilih Laman

Mulsa plastik untuk tanaman sering ditemukan pada hortikultura, misalnya semangka, cabai, hingga melon. Material ini sendiri kerap terlihat menutupi tanah bedengannya. Nantinya mulsa akan memiliki jenis berbeda, menyesuaikan fungsinya.

Sedangkan khusus mulsa jenis plastik ini, tergolong mulsa anorganik. Untuk lebih detailnya, berikut ini pengertian, fungsi dan manfaat mulsa tersebut.

Pengertian Serta Kelebihan Mulsa Plastik untuk Tanaman

KTG Agro - Mulsa

Mulsa plastik adalah suatu material dalam bentuk lembaran plastik, kerap digunakan sebagai penutup lahan tanaman. Mulsa plastik terdiri dari beberapa jenis.

Pada lahan pertanian, khususnya untuk budidaya sayuran, ada beberapa jenis yang kerap digunakan. Meliputi jenis transparan, berwarna perak, serta hitam perak atau sering disebut MPHP.

Masuk ke dalam ragam anorganik, jenis ini sebagian besar terbuat dari polyethylene. Tepatnya merupakan bahan dengan intensitas rendah. Pembuatan mulsa plastik untuk tanaman ini melalui polimerisasi etilen pada tekanan tinggi.

Keuntungan jenis anorganik dapat dilihat dari beberapa segi, termasuk biaya dan efisiensi. Penggunaan jerami, serbuk kayu, dan bahan organik lain untuk penutup lahan nantinya akan mengakibatkan tanaman mudah busuk.

Berbeda dengan material plastik ini, tanaman tidak akan mengalami pembusukan. Sehingga apabila diperhitungkan, untuk penggunaan jangka panjang, menggunakan mulsa plastik akan lebih hemat biaya dan cukup efisien.

Anda tidak perlu selalu menambah atau memperbarui penutup lahan sehingga lebih menghemat tenaga, dibandingkan pemasangan mulsa organik yang harus selalu memperhatikan ketebalannya. Namun tentunya pemasangan tetap memperhatikan aspek tertentu.

Hanya saja mulsa plastik untuk tanaman tidak mampu menambah nutrisi, layaknya jenis organik. Namun semua kembali ke kebutuhan, khususnya pertimbangan segi biaya, jangka waktu, hingga efisiensi juga.

Fungsi dan Manfaat Mulsa Anorganik Jenis Plastik

Mulsa Hitam Perak - Tomat - 3

Bisa dibilang fungsi dari material pertanian ini beragam. Mulai dari mencegah erosi, mengontrol pertumbuhan gulma, hingga sebagai penyeimbang suhu. Lebih detail, berikut adalah fungsi berikut manfaat mulsa plastik untuk tanaman.

  1. Mencegah Erosi

Ketika tanah tidak terlindungi, maka erosi dari hujan, angin, bahkan penyiraman lebih mudah terjadi. Tentunya erosi menyebabkan permasalahan lain. Misalnya membunuh tanaman, karena menghilangkan nutrisi di media tanamnya.

Sehingga selain berfungsi mencegah erosi, tetapi juga bermanfaat menjaga nutrisi dalam tanah. Misalnya menjaga nitrogen maupun fosfor yang dihasilkan dari dalam tanah, supaya tidak terkikis.

  1. Pengontrol Tumbuhnya Gulma

Benih gulma menjadi lebih cepat tumbuh ketika mendapatkan sinar matahari. Namun kalau ditutup oleh mulsa plastik untuk tanaman, artinya gulma juga tidak mampu berkecambah. Kesimpulannya bermanfaat juga mencegah perkembangan gulma.

Gulma memang akan selalu tumbuh, tetapi jumlahnya lebih sedikit dengan penggunaan material ini. Belum lagi ketika gulma tumbuh di atas lapisan ini, maka lebih mudah ketika dicabut.

  1. Penyeimbang Suhu Tanah

Fungsi selanjutnya adalah untuk menyeimbangkan suhu, baik panas maupun dingin, sehingga didapatkan temperatur yang sesuai. Khususnya suhu tanah yang memang mudah berubah dan mengganggu perkembangan tanaman.

Manfaat mulsa plastik untuk tanaman ini adalah menutup media tanam, sehingga tidak cepat panas, dehidrasi, bahkan pembakaran. Sedangkan ketika dingin, material lebih dimanfaatkan untuk membuat tanahnya lebih hangat.

Bahkan material pertanian ini juga dapat meminimalisir serangan hewan pengganggu. Tidak heran mulsa plastik banyak dimanfaatkan, mengingat kualitas dan kuantitas hasil panen juga mampu memberikan hasil lebih bagus.

Contoh penggunaannya sendiri, misal memakai mulsa berwarna hitam dan perak. Nantinya mulsa plastik untuk tanaman warna perak bisa digunakan pada bagian luar. Sehingga membantu memantulkan cahaya matahari untuk mengontrol suhunya.

Setelah mengetahui keuntungan mulsa plastik untuk tanaman, cek beberapa jenis plastik mulsa yang disediakan oleh KTG Indonesia. PT. Kencana Tiara Gemilang (KTG Indonesia) adalah perusahaan manufaktur plastik di Indonesia. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.