Pilih Laman

Dalam proses penambangan, hauling road merupakan salah satu konstruksi yang sangat penting. Jalan ini perlu dirancang agar dapat menahan beban material berat dengan truk pengangkut pada industri pertambangan.

Dengan begitu, struktur tanah dasar untuk konstruksi jalan tersebut harus kuat, sehingga mendukung beban bergerak kurang lebih 160 ton yang melintasi permukaannya. Jika tanah dasar tidak dirancang dengan baik, pastinya mengakibatkan akses pada hauling road mengalami kerusakan.

Kerusakan jalan tersebut dapat terlihat pada jejak roda yang dalam atau routing. Hal ini juga mengakibatkan struktur tanah mengalami penurunan yang tidak sama. Karena itulah, untuk mengatasi permasalah tersebut diperlukan penguatan tanah dengan cara stabilisasi.

Salah satu material yang dapat dimanfaatkan untuk stabilisasi tanah pada hauling road ini yaitu menggunakan geocell. Material geosintetik ini berfungsi untuk menstabilkan serta menambah penguatan pada struktur tanah, terlebih bagi hauling road di area pertambangan.

Lantas, bagaimana aplikasi geocell pada akses jalan tambang ini? Untuk lebih lengkapnya, mari simak artikel ini hingga selesai.

Cara Kerja Geocell untuk Perkuatan Tanah

Bahan dasar pembuatan geocell adalah High-Density Polyethylene, atau HDPE strip yang diikat dengan cara ultrasonik. Alhasil, rancangan geocell terkonfigurasi begitu kuat. Aplikasi geocell untuk perkuatan tanah menggunakan prinsip menahan gaya tarik tanah. 

Cara kerjanya dapat digambarkan melalui pergerakan yang tertahan akibat gesekan antara geocell dan tanah. Mekanisme perkuatan tersebut didukung semua penahan berbentuk bulat pada sel-sel yang saling terhubung.

Dengan kata lain, rancangan geocell dapat mencegah penyebaran lateral tanah saat beban diaplikasikan. Pijakan meningkatkan tekanan pada tanah saat beban melintasi permukaan, sehingga terjadi tekanan pada membran.

Peningkatan tekanan tersebut, menjadikan geocell menahan deformasi saat tanah menampung banyak beban. Dengan begitu, perlawanan interlocking, gesekan antara dan membran geocell berpengaruh terhadap perlawanan deformasi tanah.

Metode Pelaksanaan Aplikasi Geocell pada Akses Jalan Tambang

aplikasi geoprocell UIN Campus Retaining Wall - Sumatera Barat

Proses pemasangan geocell terutama pada hauling road, dapat menggunakan metode pelaksanaan berikut ini.

Penyiapan tanah dasar

Permukaan tanah dasar dengan cara diratakan perlu dilakukan. Pemadatan ini biasanya mengacu pada CBR (California Bearing Ratio) rencana yang berisi nilai contoh material tanah, agregat, campuran tanah yang dipadatkan sesuai kadar air yang ditentukan.

Pemasangan lapis separasi

Setelah penyiapan tanah dasar dilakukan, pemasangan lapis separasi sangat penting sebagai sistem pendukung beban. Selain itu separasi juga berfungsi agar tidak terjadi pumping karena adanya beban kendaraan dan tanah dasar yang mengalami penurunan daya dukung.

Dengan separasi tersebut, penurunan akan merata. Material yang dapat digunakan sebagai separasi adalah geotextile.

Pemasangan Geocell

Setelah pemasangan geotextile sebagai lapisan dilakukan secara sempurna, selanjutnya adalah pemasangan geocell. Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat pemasangan geocell dilakukan.

  • Geocell ditempatkan di area yang akan dipasang, dan pada bagian tepinya dipasangi patok sebagai pengunci sementara sebelum proses penimbunan.
  • Regangkan geocell secara maksimum, pastikan panel diperluas secara merata dan selaras.
  • Setelah itu, lakukan penyambungan antar panel geocell menggunakan cable ties.

Pengisian Geocell

Material seperti pasir atau gravel dapat digunakan untuk mengisi geocell. Pengisian ini bisa dilakukan secara manual atau memanfaatkan alat seperti loader front-end, dump truck, backhoe atau sistem konveyor. Pastikan setiap panel terisi dengan sempurna, bila perlu sampai melimpahi sel sedikit agar memungkinkan konsolidasi.

Itulah aplikasi geocell pada akses jalan tambang. Penggunaan geocell sangat berguna bagi konstruksi hauling road agar mampu menahan beban berat yang melintasi permukaannya.

KTG Indonesia memproduksi berbagai produk GeomembraneGeotextile WovenGeocell, Mulsa, dan masih banyak lagi. Kami hanya menghasilkan produk berstandar Internasional melalui Quality Management System. Segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi mengenai kebutuhan Anda.