Seiring dengan berkembangnya zaman, beriringan pula dengan berkembangnya teknologi yang semakin inovatif dalam berbagai aspek, salah satunya adalah dalam aspek proyek bangunan. Berbagai teknologi diterapkan dalam proyek bangunan membuat banyak kemajuan misalnya dari segi bahan material, efisiensi waktu, dan perpaduan antara inovasi bahan baku buatan seperti geosintetik.

Apa itu Geosintetik?

Sesuai namanya, geosintetik adalah perpaduan kata dari “geo” yaitu tanah, dan “sintetik” yang berarti tiruan. Maka dapat diartikan bahan ini adalah bahan baku yang terbuat dari polimer lentur, berpadu dengan bebatuan, tanah dan bahan alami lainnya.

Kegunaan Geosintetik dalam Proyek Bangunan

Kegunaan Geosintetik untuk Stabilitas Lereng

Geosintetik memiliki sejumlah fungsi penting dalam proyek bangunan dan rekayasa sipil yang berkaitan dengan peningkatan keberlanjutan, stabilitas struktur, dan efisiensi konstruksi. Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci mengenai 10 fungsi utamanya dalam konteks proyek bangunan:

1. Stabilitas Lereng

Geosintetik dapat membantu stabilitas lereng dengan memberikan dukungan tambahan dan mengurangi potensi pergeseran atau longsor. Mereka digunakan pada proyek-proyek pembangunan jalan, konstruksi bendungan, dan dinding penahan tanah.

2. Peningkatan Daya Dukung Jalan

Pada proyek konstruksi jalan, bahan ini digunakan untuk meningkatkan daya dukung tanah dasar dan mengurangi deformasi permukaan jalan akibat pergerakan tanah atau beban lalu lintas berulang.

3. Konstruksi Lapisan Pengeras

Bahan ini digunakan dalam proyek untuk memperkuat lapisan dasar dan bahu jalan. Ini membantu mengurangi kerusakan struktural dan deformasi permukaan akibat beban lalu lintas.

4. Penguatan Tanah

Geosintetik, terutama geogrid dan geotekstil bertekstur kaku digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitas tanah. Mereka ditempatkan di bawah lapisan tanah untuk mendukung struktur seperti jalan raya, landasan pacu bandara, atau dinding penahan tanah, sehingga meningkatkan kapasitas beban tanah.

5. Pengendalian Erosi

Geotekstil permeabel sering digunakan sebagai tutup tanah atau pada permukaan lereng untuk mengurangi erosi tanah. Mereka membentuk penghalang fisik yang mencegah hilangnya tanah oleh air hujan atau arus air, sehingga memberikan perlindungan yang berkelanjutan.

6. Filter

Bahan ini berfungsi sebagai filter dengan menyaring air yang mengalir melalui struktur tanah. Mereka mencegah perpindahan partikel tanah ke dalam lapisan yang lebih halus, mendukung drainase yang efektif, dan mengurangi potensi penyumbatan.

7. Separator

Sebagai separator, bahan ini memisahkan dua jenis tanah atau material dengan gradasi ukuran yang berbeda. Ini dapat mencegah pencampuran dan perubahan susunan tanah yang dapat mempengaruhi performa struktur konstruksi.

8. Pemisah Drainase

Pada proyek drainase, geosintetik digunakan untuk memisahkan lapisan tanah yang berbeda dan memastikan bahwa air dapat mengalir tanpa mengganggu struktur tanah dasar.

9. Lapisan Tahan Air

Jenis bahan ini, seperti geomembrane berfungsi sebagai lapisan tahan air. Mereka digunakan untuk mencegah infiltrasi air ke dalam struktur tanah, menjaga kekeringan dan integritas proyek konstruksi seperti reservoir atau tempat pembuangan air.

10. Pelapis Tahan Kimia

Geosintetik khusus, seperti geomembrane melibatkan perlindungan terhadap penetrasi dan kerusakan bahan kimia. Ini diterapkan di proyek seperti landfill kimia atau penanganan limbah berbahaya.

Jenis yang Sering Ditemui di Indonesia

Ada banyak jenis geosintetik yang ada di Indonesia yang dikelompokkan berdasarkan bentuk fisik, dan bahan baku utama yang digunakan.

1. Geotextile

Berfungsi untuk memisahkan timbunan lunak agar dapat menyaring sebuah struktur. Jenis ini berperan sebagai hidrolisis mekanik.

2. Geomembrane

Lapisan kedap air yang terbuat dari bahan seperti HDPE, LLDPE, PVC, atau EPDM, digunakan untuk mengontrol migrasi cairan dalam proyek seperti lapisan landfill, kolam retensi, dan bendungan.

3. Geocell

Struktur selular tiga dimensi yang terbuat dari strip polimer yang dilas bersama. Geocell digunakan untuk peningkatan beban, stabilisasi lereng, dan perlindungan erosi.

4. Geogrid

Bahan jaringan dengan bukaan besar, biasanya digunakan untuk penguatan tanah, seperti pada dinding penahan, lereng, dan pondasi jalan.

5. Geonet

Jaring atau jala yang digunakan untuk drainase dan transmisi cairan dalam aplikasi pengelolaan limbah dan drainase tanah.

6.Geokomposit

Kombinasi dari dua atau lebih jenis geosintetik, seperti geotextile dengan geomembrane, yang menawarkan keuntungan dari kedua material tersebut.

7. Geostrip

Pita lebar yang terbuat dari bahan polimer, digunakan untuk penguatan tanah dan struktur seperti dinding penahan.

8. Geomats

Produk yang berbentuk seperti matras, biasanya digunakan untuk kontrol erosi dan vegetasi pada permukaan tanah yang miring.

9. Geospacers

Bahan yang digunakan untuk menciptakan ruang kosong dalam aplikasi drainase atau sebagai penghalang gas.

10. Geosynthetics Clay Liner

Lapisan komposit yang menggabungkan lapisan tanah liat bentonit dengan geotextile atau geomembrane, digunakan sebagai penghalang cairan dan gas.

11. Geopipe / Pipa HDPE

Pipa yang terbuat dari polietilena berdensitas tinggi, digunakan untuk sistem saluran air, drainase, dan gas.

12. Geobag

Kantung yang terbuat dari geotextile dan diisi dengan material seperti pasir, digunakan untuk perlindungan erosi dan struktur penahan.

13. Drainage Cell

Modul drainase yang digunakan untuk manajemen air dalam aplikasi seperti atap hijau dan lanskap taman.

14. Geofoam

Blok busa polistiren yang ringan, digunakan untuk mengisi dan mengurangi beban pada struktur tanah atau sebagai isolasi termal.

Fungsinya di Indonesia

Geosintetik pada Proyek Bangunan

Geosintetik telah digunakan banyak orang di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, misalnya penggunaannya sebagai penguatan tegangan pada tanah telah lazim digunakan. Material ini juga dapat berfungsi sebagai penghalang zat cair dan gas yang secara tidak langsung juga berfungsi sebagai bahan multi proteksi. Untuk lebih lengkapnya, baca artikel Bagaimana Geosintetik Membantu Melindungi Alam? berikut.

Jika dikaitkan dengan separator, material ini juga kerap digunakan sebagai pemisah material air, tanah dan bebatuan air sehingga tidak terkontaminasi satu sama lain sehingga sistem drainase sebuah perairan berjalan dengan baik dan secara tidak langsung, material ini juga berfungsi sebagai penyaring yang mencegah adanya migrasi air.

Keunggulan Penggunaannya

Jika ditinjau dari segi bahan baku, material ini unggul dari bahan baku lainnya. Hal tersebut juga didukung dengan pengakuan secara internasional dan bersertifikasi GSI, ISO dan ASTM.

Kecanggihan geosintetik juga didukung dengan sedikitnya biaya untuk memproduksinya. Kendati demikian, material ini juga unggul dari segi daya tahan karena tidak mudah rusak meski tertekan mikroba.

Aplikasi Geosintetik

Geosintetik merupakan bahan teknik sipil yang digunakan untuk meningkatkan kinerja tanah dan mendukung konstruksi infrastruktur. Aplikasi geosintetik meliputi stabilisasi tanah untuk jalan dan rel kereta, pengendalian erosi pada lereng dan saluran air, serta penguatan dinding penahan. Geomembrane digunakan untuk penghalang kedap air di landfill dan kolam retensi, sedangkan geotextile membantu dalam drainase dan filtrasi. Geogrid dan geocell meningkatkan kekuatan tanah dan mencegah deformasi. Geosintetik juga digunakan dalam manajemen limbah dan lingkungan, seperti lapisan anti bocor untuk penampungan limbah dan pengendalian polusi. Selain itu, produk seperti geobag dan geofoam dimanfaatkan dalam aplikasi perlindungan pantai, isolasi termal, dan pengurangan beban struktural. Secara keseluruhan, geosintetik memainkan peran penting dalam memperbaiki durabilitas dan efisiensi proyek-proyek konstruksi dan lingkungan.

Harga dan Spesifikasi 

Geosintetik tersedia dalam berbagai ukuran dan beragam jenisnya. Oleh karena itu harga yang dipatok sangat beragam. Untuk informasi selengkapnya Anda dapat menghubungi admin kami yang siap menjawab semua pertanyaan Anda.

Itulah penjelasan geosintetik yang perlu anda ketahui. Selain untuk membangun rumah atau gedung, material ini juga bermanfaat untuk pembangunan infrastruktur lainnya agar lebih kokoh, dan kuat selama bertahun-tahun. 

Apakah Anda Sedang Mencari Geosintetik?

Setelah memahami apa itu geosintetik dan manfaatnya, inilah saatnya untuk memilih distributor terpercaya. KTG Indonesia adalah pilihan tepat untuk kebutuhan geotextile dan geomembrane Anda, menawarkan kualitas dan layanan terbaik. Hubungi kami sekarang untuk konsultasi dan solusi geosintetik yang optimal!

Kencana Tiara Gemilang
Jl Raya Surabaya Malang Km. 77 Singosari – Malang, 65153 East Java, Indonesia

Email: info@ktgindonesia.com
Telp 1: +62 341 456 531
Telp 2: +62 341 456 532
Telp 3: +62 341 456 533
Fax: +62 341 456 363