Pilih Laman

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan berhubungan dengan proses pembangunan, pasti tidak asing mendengar geosintetik konstruksi sipil. Geosintetik itu sendiri merupakan bahan tiruan yang terbuat dari material sintetik.

Pembuatannya yang secara sintetik dimanfaatkan untuk keperluan pembangunan konstruksi berkaitan dengan tanah dan bebatuan. Jika mengacu dari pemisahan kata geosintetik terdiri dua frase, yakni geo dan sintetik.

Geo itu sendiri berarti tanah dan sintetik memiliki arti sebagai bahan tiruan. Produk ini merupakan hasil produksi industri polimerisasi dengan bahan minyak bumi, baja, kain, dan ada beberapa bahan lain.

Geosintetik didesain mengikuti kebutuhan dengan dibentuk menyerupai lembaran serat sintetis agar fleksibel menyesuaikan kontur tanah guna penimbunan tanah. Sifat dari bahan yang permeable atau lolos air.

Dikarenakan bentuk dari produk ini berupa lembaran seperti anyaman yang memiliki rongga sebagai celah resapan. Agar nantinya dalam proses penggunaan tidak mengganggu laju air meresap ke tanah.

Karena jika air tidak bisa masuk ke tanah akan memacu kerusakan lain, seperti banjir dan mengganggu proses daur air. Karena proses pembangunan juga harus memperhatikan daur alami berkaitan keseimbangan lingkungan.

Mengenali Penggunaan Geosintetik Konstruksi Sipil

Ada beberapa sektor yang paling umum memanfaatkan fungsi geosintetik konstruksi, terutama bidang teknik sipil. Namun bidang lain seperti lingkungan, pertanian, dan geoteknik ternyata juga membutuhkannya.

Tingginya kebutuhan geosintetik menyebabkan diversifikasi atau penganekaragaman jenis produk dengan beberapa tipe. Beberapa tipe akan menjadi pilihan yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Agar nantinya dapat berfungsi maksimal.

Secara umum geosintetik konstruksi sipil digunakan dalam proses erosi penanggulangan banjir yang dipakai untuk memisahkan material tertentu. Contohnya adalah pemisahan material tanah serta batu dan sejenisnya.

Pada dasarnya digunakan untuk proses filtering atau penyaring. Fungsi lain dari geosintetik guna memperkuat tanah. Pekerjaan penimbunan tanah guna pondasi memerlukan dinding penahan kedap air.

Fungsi utamanya yang berkaitan dengan penguatan tanah pada pondasi menyebabkan sangat sering dipergunakan untuk pekerjaan overlay. Atau pekerjaan lain yang masih erat dengan pengerasan tanah, khususnya pada landasan jalan.

Jenis Produk Geosintetik yang Perlu DIketahui

Secara terperinci ada beberapa jenis produk geosintetik yang bisa Anda kenali agar tidak salah penggunaannya. Secara mendasar geosintetik memiliki dua fungsi pendasar, yaitu peran hidrolis dan mekanik.

Peran hidrolis berkaitan dengan fungsi alat ini pada pengerjaan drainase, karena sifatnya yang menahan air agar bisa dilewatkan. Peran lainnya sebagai mekanik berkaitan dengan fungsi pengerjaan struktur pembangunan.

Paling umum memang digunakan penerapan fungsi mekaniknya sebagai perkuatan struktur guna pemerataan dan penguatan tanah. Karena akan ada bangunan konstruksi di atasnya yang memiliki beban.

Secara produk terbagi menjadi empat jenis produk, diantaranya geotekstil, geomembran, geokomposit, dan geogrid. Masing – masing produk memiliki peranan dan manfaat tersendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Geotekstil sebagai geosintetik konstruksi sipil memiliki peranan hidrolis mekanik bermanfaat untuk proses perkuatan anti kontaminasi filter. Proses aplikasi sebagai pelapis pemisah timbunan lunak guna stabiliasi tata salur kedap lapis aspal.

Geomembran memiliki peranan mekanis sebagai anti kontaminasi dimanfaatkan dipakai pada sistem irigasi jalan raya, tanah yang kembang susut, dan penampungan air guna diminum. Selanjutnya ialah geokomposit.

Pada geokomposit memiliki hidrolis sebagai perkuatan filter drainase digunakan untuk mengontrol erosi pada leren, tata salur horinzontal, tata salur pada struktur basement, lapisan beton aspal, dan tata salur vertikal.

Terakhir yaitu geogrid pada geosintetik konstruksi yang memiliki fungsi mekanis guna perkuatan bermanfaat untuk perkuatan lereng tebing dan perkuatan pembuatan tanah, timbunan perkuatan beton stabilisasi sugrade.

Produk ini, yakni geosintetik konstruksi sipil memiliki keunggulan yang bisa dijadikan pertimbangan karena terbuat dari material internasional GSI, ISO, dan ASTM. Tidak rusak dari mikroba karena berbahan polimer.

PT. Kencana Tiara Gemilang adalah perusahaan manufaktur plastik di Indonesia yang menghasilkan produk berstandar Internasional melalui Quality Management System ISO 9001:2015. KTG Indonesia memproduksi berbagai produk di bidang Geosynthetic dan Agriculture, diantaranya Geomembrane, Geotextile Woven, Geocell, Mulsa, dan berbagai produk lainnya. Segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi mengenai kebutuhan Anda.