Pilih Laman

Penyambungan antara panel geocell harus dilakukan dengan sempurna. Sebab hal tersebut dapat menunjukkan seberapa baik kinerja dari aplikasi geocell itu sendiri. Terlebih lagi jika geocell digunakan untuk mengontrol erosi tanah.

Teknik penguncian geocell mempengaruhi penguatan tanah sehingga fungsi material ini jadi maksimal. Ada beberapa faktor saat penguncian terhadap geocell dilakukan. Di antaranya seperti jenis dan berat pengisi material, kepadatan tanah, panjang dan sudut kemiringan, serta kondisi lingkungan.

Ada berbagai cara dalam proses penyambungan antara panel geocell ini. Mulai dari penggunaan keylock atau geocell connector, cable ties, tendon dan staples. Untuk lebih lengkapnya, mari simak pembahasan pada artikel ini hingga selesai.

Metode penyambungan antara panel geocell

Aplikasi geoprocell Slope Erosion Control - Jawa Timur

Keylock atau Geocell Connector

Geocell Connector ini dirancang secara khusus sebagai penghubung antar panel geocell. Konektor ini juga biasanya disebut keylock, merupakan salah satu cara mudah dan cepat untuk penyambungan antara panel geocell.

Selain proses penyambungan jadi jauh lebih cepat, penggunaan keylock ini juga dapat meningkatkan daya sambung hingga 3 kali lipat. 

Pemasangannya pun cukup mudah, bagian lubang yang berdekatan antara panel geocell digabungkan menggunakan konektor ini. Dengan begitu, antara panel saling tersambung dan tidak bergerak saat dilakukan pengisian.

Cable Ties

Jika Anda menggunakan penyambungan antar panel geocell dengan cable ties, pastikan pemasangan dilakukan secara tepat. Pada saat panel berdekatan, lakukan penggabungan. Cable ties dipasang pada set panel secara berdampingan sehingga sambungan menjadi lebih dekat.

Tendon dan Pin Penahan

Teknik selanjutnya yang bisa diterapkan untuk penyambungan antar panel geocell adalah tendon penahan menggunakan pin. Teknik ini sangat cocok diterapkan pada lereng curam, sebab ada dukungan tambahan.

Tendon mempunyai karakter tertentu sebagai penyambung antar panel geocell yakni daya tahannya, kekuatan, serta ketahanan pada creep. Tendon dan pin penahan ini biasanya terbuat dari kabel poliester dengan kekuatan tinggi.

Staples

Cara terakhir dapat menggunakan staples yang dipasang melalui setiap panel. Adapun jumlah staples yang disarankan per ketinggian panel geocell dapat Anda simak melalui tabel berikut ini:

Number of Staples Required
Cell Height of Staples
75 mm 3
100 mm 3
150 mm 4
200 mm 5

Tips penyambungan geocell untuk hasil terbaik

Untuk mendapatkan hasil penyambungan yang baik, memang ada beberapa hal harus Anda perhatikan. Lebih lengkapnya, mari simak sejumlah tips penyambungan geocell untuk hasil terbaik ini.

Memilih net sliding force (NSF)

Sebelum melakukan penyambungan, pastikan Anda memilih net sliding force (NSF). Hal ini dikarenakan gaya pada lereng tanah perlu diatasi dengan menjaga geocell agar tidak merosot.

NSF yang digunakan negatif akan membuat gaya gesek geocell dengan sudut kemiringan tertentu. Hal ini akan berpengaruh juga terhadap sistem tempanya.

Menimbun tepian parit angkur

Untuk mencegah aliran di bawahnya, pastikan menimbun tepian parit galian angkur. Cara ini berfungsi untuk menjaga kuncian geocell bagian atas lereng dengan celah kekuatan berat tanah.

Gunakan bor lubang

Jika menggunakan teknik tendon, tambahkan bor lubang sedalam 16 – 25 mm pada setiap dinding sel. Ukuran tersebut ditambah 15% dari panjang pengikat di sekitar pin penahan.

Untuk membentuk pegangan sesuai timbunan tanah, pastikan pin ditempatkan pada setiap sel. Panel geocell harus berdekatan sehingga memiliki level sama rata. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada sistem yang membatasi drop infill.

Itulah berbagai metode penyambungan antara panel geocell yang dapat Anda aplikasikan. Pastikan Anda dapat melakukan penyambungan dengan baik agar fungsi panel geocell ini dapat bekerja secara maksimal terhadap penguatan tanah.

KTG Indonesia memproduksi berbagai produk GeomembraneGeotextile Woven, Geocell, Mulsa, dan masih banyak lagi. Kami hanya menghasilkan produk berstandar Internasional melalui Quality Management System. Segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi mengenai kebutuhan Anda.